9 Cara Mencegah Klaim Asuransi Mobil Ditolak – optimafast

Posted on

Klaim asuransi mobil ditolak sepatutnya jadi cerita lama yang tidak terulang kembali.

Industri asuransi biasanya mempraktikkan prosedur yang ketat dalam soal klaim. Sebab itu, kita tidak dapat sembarangan mengajukan permintaan klaim asuransi mobil.

Tetapi kenyataannya, masih banyak klaim asuransi mobil ditolak sebab pemiliknya tidak mengindahkan ketentuan serta syarat yang berlaku. Lantaran merasa telah membayar premi, banyak dari kita yang menyangka enteng prosedur klaim asuransi mobil ini. Sementara itu dalam polis telah tertera metode mengajukan klaim asuransi lengkap dengan syarat- syaratnya.

Misalnya ke bengkel dahulu baru lapor ke pihak asuransi. Perihal ini tidak dibenarkan, terlebih bila mengenakan bengkel yang tidak dalam jaringan asuransi.

Buat menghindari klaim asuransi mobil milikmu ditolak, ikuti panduan berikut ini.

1. Laporkan segera

Industri asuransi mematok batasan waktu pelaporan klaim. Bila klaim masuk melewati periode itu, jangan harap laporan diproses. Sebab itu, upayakan perihal awal yang dicoba sehabis terjalin insiden merupakan melaporkannya.

2. Melalui saluran resmi

Walaupun kalian telah tahu dengan sales ataupun pegawai asuransi terpaut, laporan senantiasa wajib melalui saluran formal. Bukan via WhatsApp ataupun telepon ke kenalan itu. Laporan dapat di informasikan melalui telepon ke kantor ataupun e- mail formal, bergantung kebijakan industri tersebut.

3. Sertakan dokumen lengkap

Cek polis, dokumen apa saja yang butuh disertakan dalam klaim. Tidak hanya itu, perhatikan apakah dokumen itu wajib asli ataupun cuma butuh salinannya. Apabila dokumen tidak lengkap, klaim asuransi mobil tidak dapat diproses.

4. Butuh Surat kepolisian ataupun tidak

Sebagian tipe klaim membutuhkan Surat penjelasan dari kepolisian. Misalnya kehancuran akibat musibah serta kehabisan mobil. Surat ini jadi fakta penguat terbentuknya insiden buat dimintakan klaim.

5. Yakinkan daerah di- cover

Kala terjalin insiden di luar daerah domisili, cek dahulu ke industri asuransi apakah dapat dicoba klaim di wilayah setempat. Umumnya klaim dapat dicoba di kota- kota besar.

6. Beri ketahui apabila terdapat aksesori tambahan

Premi mobil standar serta yang memakai aksesori bonus umumnya berbeda. Terdapat bonus bayaran pula buat aksesori, misalnya bumper ataupun rear wing. Apabila tidak terdapat pemberitahuan, klaim atas kehancuran pada aksesori tentu ditolak.

7. Insiden tidak tercantum pengecualian

Dalam polis, terdapat catatan pengecualian insiden yang tidak dapat dimintakan klaim asuransi. Contohnya mobil dikemudikan tanpa Surat izin mengemudi. Ataupun mobil ikut serta musibah kala melanggar peraturan kemudian lintas. Memforsir memohon klaim atas insiden semacam itu cuma hendak berbuah penolakan.

8. Dokumentasikan keadaan mobil

Kadangkala dibutuhkan fakta bonus berbentuk gambar mobil saat sebelum serta setelah terbentuknya kehancuran. Buat mengestimasi, fotolah mobil dikala belum diasuransikan. Dikala terjalin insiden, gambar pula keadaan mobil itu bagaikan perbandingan.

9. Yakinkan polis aktif

Polis dapat jadi tidak aktif sebab 2 perihal, ialah hadapi lapse ataupun dalam masa tunggu. Polis lapse bila premi tidak kunjung dilunasi. Sebaliknya masa tunggu umumnya sepanjang sebulan sehabis penandatanganan polis. Apabila insiden terjalin dalam masa tunggu, coba konsultasikan dahulu ke pihak asuransi buat dicarikan pemecahan.

Kunci utama buat menghindari klaim asuransi mobil ditolak merupakan membaca dengan teliti polis asuransi tersebut. Di sana sepatutnya telah tertera hak serta kewajiban kedua belah pihak, tercantum soal prosedur klaim.

Permasalahannya berbeda bila mengalami pihak asuransi yang bandel. Telah penuhi prosedur, tetapi klaim senantiasa ditolak. Buat mengestimasi perihal semacam ini, wajib hati- hati saat sebelum membeli polis asuransi mobil. Pengalaman orang lain dengan pihak asuransi tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan saat sebelum membayar premi.

Jangan lupa pula buat menyamakan sarana asuransi mobil terbaik yang ditawarkan. Kala berjumpa dengan agen ataupun sales asuransi itu, manfaatkan dengan menanyakan seluruh perihal, paling utama yang berkaitan dengan prosedur klaim asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *