Cara Klaim Asuransi Mobil dan Biaya yang Diperlukan Untuk Mengurusnya – optimafast

Posted on

Metode klaim asuransi mobil yang dinilai rumit serta merepotkan kerap jadi alibi banyak orang ragu mengasuransikan kendaraannya. Ditambah lagi, terdapat asumsi kalau pencairan dana klaim asuransi mobil perlu waktu lama, itupun bila lumayan beruntung klaim tidak ditolak. Tetapi tenang, itu hanya mitos belaka.

Kenyataannya, metode klaim asuransi mobil tidak sesulit yang dibayangkan. Terlebih, industri asuransi biasanya sudah menarangkan prosedur klaim kepada nasabahnya supaya tidak menemui hambatan di setelah itu hari. Bila juga tidak, bagaikan nasabah, kita berhak serta butuh menguasai seluk beluk asuransi yang dipunyai, tercantum metode klaim asuransi mobil tersebut.

Sebagian industri asuransi apalagi sediakan layanan klaim online, baik lewat web formal, email, sampai aplikasi mobile. Lagipula, dengan mengajukan klaim asuransi, kalian dapat mengirit duit jutaan sampai puluhan juta rupiah.

Bagaikan contoh, mobil hadapi musibah parah sampai tidak dapat digunakan ataupun lenyap dicuri orang. Dengan asuransi mobil, kalian hendak memperoleh ubah rugi bayaran revisi sampai duit senilai mobil baru. Sedangkan, tanpa asuransi mobil, kalian pasti wajib keluar bujet puluhan sampai ratusan juta rupiah buat membeli kendaraan pengganti.

Metode klaim asuransi mobil

Pada dasarnya, kalian cuma butuh menghubungi pihak asuransi, mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, dan mengajukan klaim dengan memenuhi formulir serta menyerahkan dokumen persyaratan.

Buat lebih lengkapnya, ikuti uraian menimpa tata metode klaim asuransi mobil berikut ini.

1. Lekas mendatangi pihak asuransi

Begitu terjalin kejadian yang merugikan kendaraan, lekas laporkan peristiwa kepada pihak asuransi. Jangan menunda- nunda pelaporan, karena ada batasan waktu pelaporan buat mengajukan klaim. Batasan waktu yang diberikan bermacam- macam bergantung kebijakan industri asuransi terpaut.

Misalnya, pada asuransi mobil Chubb, pelaporan peristiwa bisa diterima paling lambat 5×24 jam, terhitung dari hari peristiwa. Lain halnya dengan asuransi mobil Allianz yang membagikan batasan waktu pelaporan dalam 3×24 jam, sehabis terbentuknya kerugian.

Dikala melapor kepada pihak asuransi, kalian butuh menarangkan kronologis kejadian yang dirasakan, dan menanggapi sebagian persoalan buat memenuhi dokumen klaim asuransi.

Pelaporan bisa dicoba lewat customer care industri asuransi terpaut, lewat aplikasi yang disediakan( bila terdapat), ataupun dengan tiba langsung ke kantor industri asuransi terpaut.

2. Mendatangi pihak berwajib ataupun kepolisian

Bertepatan dengan pelaporan kepada pihak asuransi, kalian juga butuh lapor kepada pihak berwajib buat memperoleh pesan penjelasan. Pesan ini jadi dokumen persyaratan yang dibutuhkan dikala mengajukan klaim asuransi. Paling utama, bila peristiwa berbentuk musibah yang mengaitkan pihak ketiga ataupun permasalahan pencurian.

Spesial buat permasalahan kehabisan mobil akibat pencurian, jangan kurang ingat jalani blokir STNK buat menjauhi penyalahgunaan kendaraan.

Buat pemblokiran STNK, siapkanlah fotokopi KTP, BPKB, STNK, faktur pembelian, polis asuransi, dan laporan peristiwa masalah dari pihak Polsek serta laporan kemajuan dari Polres ataupun Polsek setempat.

3. Menyerahkan fakta serta dokumen persyaratan

Jangan kurang ingat siapkan fakta musibah ataupun fakta peristiwa. Misalnya, dengan memfoto keadaan kendaraan usai terjalin musibah. Serahkan bukti- bukti yang dipunyai beserta dokumen pengajuan klaim yang dibutuhkan.

Pada dasarnya, ada 2 tipe klaim asuransi kendaraan, ialah klaim atas pencurian ataupun kehabisan serta klaim atas musibah.

Secara universal, berikut ini persyaratan dokumen yang dibutuhkan buat 2 tipe pengajuan klaim tersebut.

1. Persyaratan dokumen buat klaim kecelakaan

Formulir klaim yang sudah dilengkapi.

Fotokopi polis asuransi.

Fotokopi SIM( surat izin mengemudi).

Fotokopi KTP( kartu tanda penduduk).

Pesan penjelasan dari pihak kepolisian.

Fakta, bisa berbentuk gambar keadaan mobil dikala musibah ataupun gambar kehancuran pada mobil.

Sebaliknya buat klaim musibah yang mengaitkan pihak ketiga serta kalian bagaikan pihak yang wajib bertanggung jawab, berikut ini persyaratan bonus yang butuh disiapkan.

Pesan persyaratan tuntutan ubah rugi dari pihak ketiga, bermaterai Rp 6. 000.

Pesan statment yang menampilkan kalau pihak ketiga tidak mempunyai asuransi.

Fotokopi SIM, KTP, serta STNK( pesan ciri no kendaraan) dari pihak ketiga.

Pesan penjelasan kepolisian yang membetulkan terdapatnya musibah.

2. Persyaratan dokumen buat klaim pencurian

Formulir klaim yang sudah diisi lengkap.

Fotokopi SIM, KTP, serta STNK.

Pesan penjelasan dari kepolisian.

Pesan pemblokiran STNK.

Penindakan klaim asuransi kendaraan

Bukan cuma perbandingan dokumen persyaratan, klaim dengan pemicu resiko yang berbeda pula butuh penindakan yang berbeda. Buat ketahui prosedur lengkapnya, ikuti penjelasan berikut ini.

a. Kecelakaan

Sehabis pengajuan klaim diterima, pihak asuransi hendak melaksanakan survey klaim buat membenarkan kebenaran kejadian yang dilaporkan. Triknya dapat dengan bawa mobilmu ke bengkel rekanan ataupun mendatangimu buat memandang kondisi kendaraan secara langsung.

Bila tahapan ini berlangsung mudah, kalian hendak memperoleh SPK( pesan perintah kerja) bagaikan pesan pengantar buat melaksanakan revisi mobil di bengkel.

Ingat, buat memperoleh ubah rugi, jalani revisi cuma di bengkel rekanan ataupun bengkel yang sudah ditunjuk industri asuransi.

b. Musibah yang mengaitkan pihak ketiga

Musibah yang melibatkan pihak ketiga, semacam tidak terencana menabrak kendaraan lain, pula ditanggung oleh industri asuransi. Pertanggungan yang diberikan tidak sebatas pada kerusakaan kendaraan bermotor, tetapi pula meliputi bayaran penyembuhan, luka tubuh, sampai kehancuran harta barang.

Tetapi, butuh diingat dasar pertanggungan ini dapat gugur bila kendaraan yang ikut serta dalam musibah sudah diasuransikan. Karena dengan keadaan semacam itu, masing- masing owner mobil bisa mengajukan klaim ke penyedia asuransinya tiap- tiap.

Apabila pengajuan klaim sudah penuhi persyaratan, industri asuransi hendak menginstruksikan mobil pihak ketiga buat masuk bengkel.

Tidak hanya itu, apabila pihak ketiga membutuhkan perawatan di rumah sakit ataupun penindakan dokter, tertanggung bisa menyerahkan segala kuitansi asli bayaran penyembuhan tersebut buat memperoleh ubah rugi dari pihak asuransi.

c. Kehabisan ataupun pencurian

Sehabis mengajukan klaim serta segala dokumen persyaratan, pihak asuransi hendak menghubungi nasabah terpaut status klaim. Bila pengajuan klaim diterima, industri asuransi hendak membagikan ubah rugi berbentuk duit( ataupun cocok dengan konvensi pada polis asuransi), dalam waktu 30 hari semenjak pesan persetujuan diterbitkan.

Bila dalam 30 hari industri asuransi tidak membayar ubah rugi, industri asuransi terpaut bisa dikenakan sanksi cocok peraturan yang tercantum pada Pasal 40 ayat 1 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No 69/ POJK. 05/ 201627.

Bayaran klaim asuransi kendaran( deductible)

Dikala mengajukan klaim, ada biaya yang wajib dibayar nasabah. Bayaran ini diucap bagaikan bayaran deductible ataupun own risk( OR). Biasanya, rata- rata bayaran deductible dekat Rp 300 ribu rupiah buat asuransi kendaraan all risk ataupun 10 persen dari nilai klaim buat asuransi huru- hara.

Bagaikan contoh, bila mobilmu hadapi kehancuran sebab musibah serta membutuhkan revisi dengan bayaran sebesar Rp 3 juta, hingga industri asuransi hendak membagikan ubah rugi senilai Rp 2, 7 juta.

Besaran deductible dapat bermacam- macam bergantung kepada premi yang dibayarkan. Terus menjadi besar bayaran premi, terus menjadi rendah bayaran deductible, serta berlaku kebalikannya. Ada pula pembayaran bayaran deductible bisa dicoba dengan memotong duit pertanggungan yang diberikan ataupun dengan metode lain cocok konvensi dalam polis asuransi.

Pelaksanaan bayaran deductible diperuntukan supaya owner kendaraan senantiasa berjaga- jaga dalam berkendara, sebab industri asuransi tidak menanggung 100 persen bayaran revisi kendaraan.

Tidak hanya itu, terdapatnya bayaran deductible pula bisa menjauhi proses administrasi klaim dengan nilai kecil. Misalnya, pengajuan klaim dengan nilai kerugian Rp 50- 100 ribu. Karena, dapat jadi bayaran pengurusan klaim jauh lebih besar dibanding nilai klaim yang diajukan.

Yang butuh dicermati oleh nasabah merupakan bayaran deductible dikenakan per peristiwa. Maksudnya, bila dalam satu klaim diakibatkan oleh 2 peristiwa ataupun musibah, hingga nasabah butuh membayar 2 kali bayaran deductible.

Penolakan klaim asuransi kendaraan umumnya terjalin sebab kurang pahamnya nasabah menimpa ketetapan yang tercantum pada polis asuransi.

Oleh karena itu, berarti untuk nasabah buat mendengarkan isi polis, paling utama terpaut pengecualian ataupun hal- hal yang bisa menggugurkan pertanggungan asuransi. Bagaikan contoh, jangan hingga telah yakin diri ajukan klaim asuransi sementara itu tidak memiliki pesan izin mengemudi, ya siap- siap ditolak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *