Cara Klaim Asuransi Mobil yang Hilang Dicuri – optimafast

Posted on

Mobil digondol maling? Segeralah ajukan klaim asuransi buat mendapatkan ganti rugi. Secara universal, metode klaim asuransi mobil tidak jauh berbeda pada masing- masing industri asuransi.

Bila menjajaki prosedurnya dengan baik, sehingga pengajuan klaim diterima, kerugian yang dirasakan tidak butuh ditanggung sendiri. Nyaman!

Tetapi, gimana apabila tidak? Penolakan klaim asuransi mobil merupakan mimpi kurang baik untuk para pemegang polis asuransi kendaraan. Terlebih bila kerugian yang ditanggung lumayan besar.

Semacam yang dirasakan oleh Nurdin, orang dagang yang wajib merelakan kendaraannya sebab dibawa kabur orang. Apesnya, peristiwa nahas ini dia natural kala mobilnya disewakan. Walhasil, klaim asuransi mobilnya ditolak oleh pihak asuransi.

Perihal ini lantaran pada polis asuransi sudah tercantum kalau kendaraan diperuntukan buat pemakaian individu, sehingga apabila terjalin resiko kala mobil digunakan buat tujuan komersial, pertanggungan asuransi juga gugur mendadak.

Oleh karena itu, supaya klaim asuransi tidak ditolak, owner kendaraan harus menguasai prosedurnya, dan tipe pertanggungan yang didapatkan dari polis asuransi yang dipunyai.

Proteksi asuransi mobil hilang

Pada dasarnya, kerugian kendaraan yang lenyap dipastikan oleh tiap tipe asuransi mobil, baik total loss only( TLO) ataupun all risk. Dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia, disebutkan kalau pihak asuransi menjamin kerugian ataupun kehancuran pada kendaraan bermotor akibat pencurian, baik yang didahului ataupun diiringi kekerasan, maupun tidak.

Tetapi, ketetapan yang berlaku pada polis terpaut pertanggungan tersebut dapat berbeda- beda bergantung pada tipe asuransi yang diseleksi.

Bagaikan contoh, semacam yang kita ketahui kalau asuransi tidak mengubah 100 persen kerugian yang terjalin akibat kendaraan lenyap. Karena, kendaraan hadapi penyusutan nilai mobil 10- 25 persen per tahun sebab beberapa aspek, semacam rusak, aus, ataupun musibah alam.

Misalnya, bila pada tahun 2017 harga mobil A senilai Rp 200 juta. Pada tahun 2019, nilai mobil dapat saja menurun sampai Rp 150 juta. Dengan demikian, bila mobil lenyap, pihak asuransi cuma hendak membagikan ubah rugi sebesar nilai mobil sehabis hadapi penyusutan, ialah senilai Rp 150 juta.

Ini hendak berbeda bila kala membeli polis asuransi mobil, kalian meningkatkan khasiat proteksi harga kendaraan. Contohnya yang ada di Asuransi Mandiri RTI GAP dari AXA Mandiri. Produk ini membolehkan kalian buat mendapatkan ubah rugi sampai 100 persen dari nilai mobil dikala awal dibeli.

Bagaikan data, AXA Mandiri RTI- GAP ini ialah proteksi bonus berbentuk jaminan terhadap selisih antara nilai penggantian yang diterima dengan harga kendaraan di dini pembelian.

Tidak hanya cakupan proteksi, pahami pula hal- hal yang dapat menggugurkan jaminan. Ini tercantum secara lengkap di polis asuransi. Jadi, yakinkan membaca polis dengan teliti serta bertanyalah pada agen asuransi terpaut bila ada perihal yang tidak dipahami.

Metode klaim asuransi mobil yang lenyap sebab dicuri

Apabila apes hadapi kehabisan mobil akibat pencurian, supaya pengajuan klaim asuransi tidak ditolak, berikut ini metode klaim asuransi mobil yang lenyap.

1. Menghubungi industri asuransi

Begitu menyadari kendaraan sudah lenyap, segeralah menghubungi industri asuransi. Laporan bisa dicoba lewat telepon ataupun surel, bergantung kepada penyedia layanan asuransi.

Bila membolehkan, kalian juga dapat tiba langsung ke kantor industri asuransi buat memberi tahu kehabisan secara langsung kepada agen.

Butuh diingat, kalau ada batasan waktu pelaporan yang berbeda- beda bergantung kepada industri asuransi.

Misalnya, pada asuransi ACA( Asuransi Central Asia) serta asuransi Adira, laporan kehabisan diterima optimal dalam 72 jam umur peristiwa, sedangkan pada asuransi Simasnet optimal 5 hari ataupun 120 jam.

2. Membuat kabar kegiatan kehabisan ke kepolisian

Bertepatan dengan melapor kepada pihak asuransi, buatlah kabar kegiatan kehabisan ke kepolisian. Karena, waktu pelaporan optimal buat pembuatan kabar kegiatan di kepolisian merupakan 1×24 jam sehabis peristiwa.

Sehabis kabar kegiatan kehabisan terbuat, pihak kepolisian hendak melaksanakan pemblokiran terhadap segala dokumen kendaraan terpaut. Tujuannya, supaya tidak terjalin penyalahgunaan kendaraan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pihak kepolisian umumnya hendak memohon 2 orang saksi buat ditilik saat sebelum menghasilkan pesan kehabisan. Tidak hanya itu, pihak kepolisian pula hendak membuat lapju alias laporan kemajuan.

3. Mengurus pesan formal dari Kepala Direktorat Reserse

Salah satu dokumen persyaratan pengajuan klaim mobil lenyap merupakan pesan formal dari Kepala Direktorat Reserse. Buat buatnya, kalian butuh mempersiapkan sebagian dokumen ini:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi BPKB
  • Fotokopi faktur pembelian kendaraan bermotor
  • Fotokopi polis asuransi
  • Fotokopi ciri laporan dari kepolisian
  • Pesan pengantar asli dari pihak asuransi
  • Fotokopi dokumen tempat peristiwa perkara
  • Pesan asli catatan pencarian barang

4. Mengajukan klaim asuransi mobil

Sehabis segala prosedur di atas dicoba, ajukanlah klaim asuransi mobil kepada pihak asuransi dengan memenuhi segala dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

Secara universal, berikut ini dokumen persyaratan buat klaim asuransi mobil yang lenyap:

  • Polis asli
  • Dokumen asli BPKB, STNK, serta faktur pembelian kendaraan
  • Kunci kendaraan, asli serta cadangan
  • Fotokopi SIM pengemudi
  • Fotokopi KTP tertanggung, cocok nama yang tercantum dalam STNK
  • Kuitansi bermaterai 3 lembar

Berkas formal dari pihak berwajib, meliputi pesan BAP, pesan ciri pemblokiran dari Polda, serta pesan penjelasan formal dari Pimpinan Direktorat Reserse

Proses klaim asuransi mobil lenyap umumnya memerlukan waktu dekat 3 bulan semenjak pengajuan klaim. Karena, umumnya pihak asuransi hendak berikan waktu kepada pihak kepolisian sepanjang 60 hari buat mengusut permasalahan pencurian mobil terpaut saat sebelum memproses klaim asuransi lebih lanjut.

Sehabis pengajuan klaim diproses serta disetujui, pihak asuransi hendak membagikan dana ubah rugi paling lambat dalam waktu 30 hari. Perihal ini tercantum dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia.

Tetapi, bila dalam jangka waktu 60 hari kendaraan sukses ditemui, nasabah bisa mengganti tipe klaim yang diajukan, dari klaim mobil lenyap jadi klaim kehancuran ataupun partial loss buat memperoleh ubah rugi atas kehancuran yang terjalin sepanjang mobil lenyap.

Mobil lenyap dikala dipinjam sahabat, gimana metode klaim asuransinya?

Metode klaim asuransi mobil di atas berlaku bila mobil lenyap dikala digunakan oleh owner kendaraan ataupun pemegang polis asuransi kendaraan. Misalnya, dikala mobil lagi diparkir di pinggir jalur ataupun di parkiran mall.

Tetapi, gimana bila mobil lenyap dikala dipinjam sahabat? Apakah nasib pengajuan klaim hendak bernasib sama semacam bila mobil lenyap dikala disewakan?

Jawabannya, belum pasti.

Nasabah senantiasa dapat ajukan klaim asuransi mobil sekalipun aksi pencurian terjalin dikala kendaraan dipinjam orang lain. Dengan ketentuan, pihak yang meminjam tidak turut lenyap bersama kendaraan.

Pihak yang meminjam bisa langsung memberi tahu aksi pencurian kepada pihak kepolisian serta owner kendaraan bisa memberi tahu permasalahan ini ke pihak asuransi terpaut.

Tetapi, bila mobil yang dipinjam lenyap beserta pengemudinya, mungkin besar pengajuan klaim asuransi hendak ditolak. Karena, owner mobil meminjamkan kendaraannya secara siuman, sehingga bila terjalin kehabisan, perihal ini hendak dikira bagaikan tindak penggelapan.

Gimana bila mobil masih dalam kredit ataupun masa cicilan?

Tidak sedikit pula permasalahan pencurian mobil yang masih dalam masa angsuran. Bila begini, owner kendaraan sesungguhnya tidak butuh sangat takut. Karena, mobil yang masih dalam masa kredit tentu terlindungi asuransi kendaraan.

Prosedur klaim yang butuh dicoba juga tidak jauh berbeda dengan yang sudah dipaparkan tadinya. Tetapi, tidak hanya menghubungi pihak asuransi, owner kendaraan pula butuh menghubungi pihak leasing paling lambat 3×24 jam sehabis mobil lenyap.

Nantinya, pihak leasing ataupun pihak asuransi hendak melaksanakan wawancara dan survey TKP buat membenarkan kalau tidak terdapat faktor rekayasa ataupun penggelapan dalam klaim kehabisan yang diajukan.

Bila pengajuan klaim disetujui, pihak asuransi hendak membagikan ubah rugi kepada pihak leasing supaya pihak leasing bisa membagikan mobil pengganti ataupun dana kompensasi kepada debitur cocok dengan kebijakan yang didetetapkan pihak asuransi.

Gimana bila pengajuan klaim ditolak?

Saat sebelum misuh- misuh sebab pengajuan klaim ditolak, perhatikan dengan seksama alibi penolakannya. Normal saja bila klaim ditolak lantaran kalian dengan ataupun tanpa terencana melaksanakan aksi yang bisa menggugurkan pertanggungan, semacam belum membayar premi sampai berupaya melaksanakan penipuan.

Bila penolakan cuma diakibatkan sebab minimnya dokumen persyaratan, kalian bisa memenuhi kembali dokumen yang dibutuhkan serta melanjutkan proses pengajuan klaim.

Tetapi, bila pengajuan klaim ditolak sementara itu kalian sudah memenuhi seluruh persyaratan tidak melanggar ketetapan yang tercantum pada polis, kalian bisa mengadukan permasalahan ini ke Tubuh Mediasi serta Arbitrase Asuransi Indonesia( BMAI).

BMAI ialah tubuh hukum independen yang ditetapkan oleh biro perasuransian, otoritas jasa keuangan( OJK), serta departemen keuangan. Gunanya buat menolong nasabah serta industri asuransi dalam menuntaskan sengketa klaim asuransi.

Kalian dapat mengajukan sengketa ke BMAI dengan membuktikan bukti- bukti kalau penolakan klaim terjalin sebab kelalaian pihak asuransi. Mendatangi BMAI lewat alamat email  ataupun ke no telepon 0215274145.

Simak persyaratan pengajuan klaim asuransi mobil dengan baik serta sigap

Supaya pengajuan klaim asuransi mobil berjalan lembut, lekas laporkan kehabisan serta simak ketetapan yang tercantum pada polis asuransi.

Terakhir, jangan kurang ingat jika mutu penindakan klaim bergantung kepada kredibilitas industri asuransinya. Oleh karena itu, saat sebelum membeli polis asuransi mobil, jangan kurang ingat bandingkan mutu layanan dari bermacam- macam industri asuransi.

Apabila butuh, bagikan beberapa skenario resiko yang bisa jadi terjalin buat mengenali jangkauan proteksi yang diberikan serta gimana pihak asuransi menanggulangi klaim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *