Penyebab dan Solusi Mesin Cepat Panas saat AC Mobil Dinyalakan – optimafast

Posted on

Penyebab dan Solusi Mesin Cepat Panas saat AC Mobil Menyala –Tak bisa kita pungkiri bahwa mesin mobil yang cepat panas adalah sebuah indikasi jika ada kendala yang terjadi. Namun, tak jarang tahu bahwa salah satu faktor penyebabnya bisa dikarenakan AC mobil yang menyala.

Pasalnya, saat AC mobil dinyalakan, tentu saja beban mesin akan meningkat sehingga aktivitas sistem pembakaran bahan bakar pun akan terus berlanjut. Ini yang memicu suhu pada sektor dapur mesin mobil jadi cepat mengalami panas.

Tentu, untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa jalan keluar. Dimana, penyebab dan solusi mesin cepat panas saat AC mobil dinyalakan menjadi sebuah informasi penting untuk menambah pengetahuan para pemilik mobil.

Hal ini tentu ditujukan agar para pemilik mobil tetap hati-hati dan selalu waspada meski ada sistem pendingin khusus untuk menjaga suhu tetap sejuk.

Maka dari itu, kali ini optimafast.com pun akan membahas beberapa penyebab sekaligus solusi untuk mengatasi kendala mesin mobil yang cepat panas karena AC yang menyala tersebut.

Namun, sebelum membahas terkait penyebab dan solusi mesin cepat panas saat AC mobil menyala, pertama-tama kita akan mengulik dulu soal penyebab mesin mobil cepat panas saat AC menyala sebagai awalan dari pembahasan kali ini.

Penyebab Mesin Cepat Panas saat AC Mobil Dinyalakan

Berikut beberapa penyebab mesin mobil cepat panas ketika AC dinyalakan yang perlu Anda pahami secara mendalam.

  • Kompresor Tidak Sesuai

Penyebab mesin cepat panas saat AC mobil dinyalakan yang pertama adalah karena ada masalah pada bagian kompresor.

Kompresor di sini merupakan komponen penting yang memiliki peran dalam menjaga sistem kerja daripada AC mobil itu sendiri.

Dimana, ketika AC dinyalakan maka kompresor pu akan mulai bekerja yang mana berdampak pada naiknya suhu di bagian ruang permesinan mobil.

Nah, jika kompresor yang dipakai tidak sesuai dengan spesifikasi dari mobil itu maka mesin mobil pun kemungkinan besar akan mengalami kenaikan suhu secara drastis. Tentu saja, hal ini tak lepas dari beban kerja yang meningkat,

Maka dari itu, selalu pastikan bahwa jenis kompresor yang digunakan dalam kondisi normal dan sesuai dengan spesifikasi mobil yang digunakan.

  • Kipas Tambahan Tidak Berfungsi Normal

Selain itu, penyebab mesin cepat panas saat AC mobil menyala bisa dikarenakan adanya masalah pada fungsi dari kipas atau extra fan.

Bukan tanpa alasan mengingat extra fan sendiri berfungsi untuk menyedot suhu panas pada mesin untuk dikeluarkan.

Jika ada extra fan tidak berjalan sebagaimana mestinya tentu saja akan memperburuk keadaan pada bagian mesin yang berakibat suhu cepat meningkat dalam sekejap.

Tentu saja, kipas tambahan atau extra fan di sini perlu dicek apakah berjalan dengan normal atau sudah rusak. Jika sudah rusak maka perlu diganti untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan pada ruang mesin.

  • Radiator Kotor dan Berdebu

Di sisi lain, radiator yang kotor dan penuh debu pun juga menjadi penyebab mesin cepat panas saat AC mobil dihidupkan.

Bukan tanpa sebab mengingat selain extra fan, radiator berfungsi sebagai komponen untuk menurunkan suhu pada bagian ruang mesin.

Namun, jika kisi-kisi pada bagian radiator kotor dan berebut maka akan memicu terhambatnya sirkulasi udara sehingga suhu pada mesin pun menjadi cepat panas ketika AC mobil dinyalakan.

Solusi Mesin Cepat Panas saat AC Mobil Dihidupkan

Setelah memahami penyebabnya, kini optimafast.com akan jelaskan cara mengatasi atau solusi mesin cepat panas saat AC mobil dihidupkan.

  • Volume Air Radiator Harus Tetap Penuh

Pertama, solusi mesin cepat panas saat AC mobil dihidupkan adalah dengan selalu menjaga agar volume air pada radiator dalam kondisi yang penuh.

Hal ini tak lepas dari fungsi air radiator yang dibutuhkan sebagai pendingin suhu pada ruang mesin.

Selain itu, pastikan bahwa radiator juga tidak mengalami kebocoran mengingat jika ada yang bocor maka kinerja pendinginan mesin tidak akan berjalan secara maksimal.

Kemudian, solusi untuk mengatas mesin mobil yang cepat panas ketika AC menyala yakni dengan selalu mengecek kondisi extra fan pada mekanis.

Sebab kerusakan extra fan bisa saja dipicu oleh kerusakan pada komponen lain yang saling terkait, seperti relay sistem kabel, dan bisa saja disebabkan karena carbon brush yang mulai habis.

Maka dari itu, selalu meminta kepada mekanis secara rutin untuk mengecek bagian ini sebagai tindakan pencegahan yang efektif agar mesin mobil tidak cepat panas saat AC menyala.

  • Bersihkan secara Berkala Radiator dan Kondensor

Di sisi lain, untuk mencegah atau mengatasi suhu pada mesin mobil yang cepat panas, Anda juga bisa melakukan pembersihan secara teratur dan rutin di bagian kondensor maupun radiator.

Hal ini perlu untuk Anda lakukan supaya kisi-kisi pada kondensor maupun radiator menjadi bersih dan terhindar dari debu. Sehingga akan membuat sirkulasi udara menjadi semakin lancar.

Namun, untuk membersihkannya Anda harus berhati-hati agar tidak merusak kisi-kisinya. Disarankan menggunakan kuas lembut untuk membersihkannya.

  • Cek Kondisi Freon AC

Selalu melakukan pengecekan freon AC juga jadi cara atau solusi mesin cepat panas saat AC mobil dinyalakan.

Karena, freon AC ini rentan terhadap kebocoran sehingga akan memicu kompresor terus bekerja tanpa henti. Dengan demikian maka akan membuat suhu pada ruang mesin mobil cepat panas.

Maka oleh sebab itu, selalu pastikan freon AC dalam kondisi baik dan tidak mengalami kebocoran. Anda bisa melakukan pengecekan ke bengkel khusus AC guna melakukan pemeriksaan jika terjadi masalah.

  • Cek Kelistrikan Mobil

Tak bisa dipungkiri bahwa kelistrikan pada mobil juga berpengaruh pada kenaikan suhu di bagian mesin.

Hal ini tak lepas mengingat beberapa bagian AC terhubung oleh adanya aliran listrik untuk menjalankan kinerjanya. So, sangat perlu untuk selalu mengecek kondisi kelistrikan yang terkait dengan AC mobil.

Pada saat jalur listrik ini terhambat atau terganggu maka kemungkinan bisa dipastikan akan memicu adanya masalah pada salah satu komponen yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga membuat AC mobil mati saat mesin panas.

Dari sekian penyebab dan solusi mesin cepat panas saat AC mobil dinyalakan di atas tentu saja bisa Anda pelajari dan pahami satu per satu. Namun, yang jelas bahwa diperlukan perawatan rutin dengan memperhatikan kondisi mesin dan AC secara teratur

Di sisi lain, Anda juga perlu melakukan pengecekan rutin di bagian AC mobil ke bngkel khusus service AC sebagai tindakan pencegahan jika terjadi kerusakan pada AC. Sehingga, bisa meminimalisir mesin panas yang disebabkan karena ada kendala pada sistem kerja AC mobil Anda.

Oke, optimafast.com berharap informasi mengenai penyebab dan solusi mesin cepat panas saat AC mobil dihidupkan tersebut bisa menjadi informasi bermanfaat untuk Anda dalam merawat mobil. Sekian dan sampai berjumpa lagi di lain topik otomotif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *