Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan agar Awet – optimafast

Posted on

Pada saat musim hujan datang, pasti Kamu sebagai salah seseorang pemilik motor wajib betul- betul melaksanakan perawatan yang lebih ekstra.

Bukan tanpa alibi mengingat keadaan masa hujan yang terjalin secara tidak langsung hendak mempengaruhi pada motor yang Kamu miliki. Sebab, air hujan yang mempunyai kandungan keasaman besar dapat merangsang terdapatnya karat serta mengganggu bagian blok mesin ataupun bagian motor lain yang berbahan besi.

Hingga oleh karena itu, sangat dibutuhkan sekali panduan menjaga motor kala masa hujan. Dimana, panduan tersebut dapat Kamu jalani serta kerjakan secara mandiri, spesialnya dikala masa hujan sudah mendatangi.

Di sisi lain, panduan menjaga motor kala masa hujan juga pula dapat jadi langkah dini untuk Kamu buat terus melaksanakan pengecekan yang lebih cermat serta perinci.

Perihal ini dicoba biar keadaan kendaraan bermotor Kamu senantiasa dalam kondisi yang prima walaupun diguyur air hujan yang sesungguhnya mempunyai akibat kurang baik pada motor.

Hingga dari itu, terdapat sebagian langkah terbaik yang dapat Kamu jalani buat menghindari terbentuknya hal- hal yang tidak di idamkan sebab curah air hujan yang lumayan besar.

Nah, dalam review kali ini, berikut optimafast. com hendak memecahkan panduan menjaga motor kala masa hujan telah datang. Ayo, kita ikuti bersama langkah demi langkahnya.

Panduan Menjaga Motor kala Masa Hujan

Dalam topik kali ini, optimafast. com hendak berbagi sebagian langkah ataupun metode menimpa panduan menjaga motor kala masa hujan yang sangat butuh buat dikenal.

Lekas Mencuci Motor sehabis Kehujanan

Awal, dalam mempraktikkan panduan menjaga motor kala masa hujan merupakan Kamu sesegera bisa jadi cuci motor sesaat sehabis kehujanan tanpa butuh menunggu waktu lama.

Perihal ini bertujuan supaya air hujan dapat lekas lenyap terbilas oleh air sumur dikala dicuci. Mengingat, zat asam pada air hujan dapat berakibat kurang baik pada motor, semacam melenturkan cat serta kurangi kulai dari cat motor.

Hingga dari itu, Kamu cuma butuh membilasnya saja tanpa butuh memakai sabun supaya air hujan yang memiliki zat asam dapat lenyap serta tidak melekat lagi di motor.

Tetapi, apabila keadaan motor terserang lumpur hingga perihal yang dapat Kamu jalani ialah dengan menyemprotkan air ke bagian yang terserang lumpur tadi supaya lenyap.

Senantiasa Cek Keadaan Tekanan Ban

Tidak hanya itu, panduan menjaga motor kala masa hujan yang butuh Kamu jalani ialah dengan secara teratur mengecek tekanan pada bagian ban.

Sebab, tidak tertutup mungkin kalau kotoran tanah yang tercampur air hujan masuk dalam sela- sela ban. Perihal ini bila dibiarkan begitu saja hendak membuat ban jadi mempunyai rongga sehingga gampang sekali kempis.

Di sisi lain pengecekan ban di mari pula bagaikan upaya buat mengoptimalkan keadaan ban supaya tidak membuat telapak ban yang bersentuhan dengan permukaan jalur pula terus menjadi banyak.

Karena, minimnya tekanan ban hendak merangsang energi cengkram yang kurang kokoh sehingga hendak membuat tarikan motor jadi terasa berat. Hingga, senantiasa jaga keadaan tekanan ban, spesialnya di dikala masa hujan.

Cek Keadaan Rantai

Melaksanakan pengecekan menimpa keadaan rantai pada motor pula jadi salah satu pelaksanaan panduan menjaga motor kala masa hujan.

Karena, metode ini bagaikan wujud penangkalan terhadap karat pada rantai motor disebabkan air hujan yang mengenainya.

Oleh sebab alibi itu Bilas, kencangkan serta jangan kurang ingat lumasi rantai motor Kamu dengan chain lube biar kerjanya jadi terus menjadi optimal serta aman walaupun dalam keadaan hujan sekalipun.

Jaga Keadaan pada Kampas Rem

Di samping itu, panduan menjaga motor kala masa hujan dapat Kamu jalani ialah dengan melaksanakan pengecekan pada bagian kampas rem.

Butuh dimengerti kalau kampas rem sendiri berbahan dasar dari asbes yang mana nantinya hendak menggelembung dikala terserang air hujan serta membeku sesaat telah kering.

Oleh karena itu, dikala membasuh motor Kamu, upayakan buat sesering bisa jadi tiba bagian pedal rem supaya kampas motor sesegera bisa jadi jadi lebih kilat kering.

Walaupun sepele, perihal ini sangat butuh dicoba mengingat bila dibiarkan begitu saja hingga telah benda pasti bakal membuat rem jadi terasa begitu keras kala diinjak.

Terlebih pada rem cakram. Kamu diwajibkan membenarkan keadaan piringan cakram pada rem bersih dari kotoran tanah ataupun lumpur biar mutu pengereman jadi optimal.

Senantiasa Amati serta Pantau Bagian Busi

Tidak kalah berartinya pula kalau pada langkah perawatan motor dikala masa hujan, Kamu dianjurkan buat senantiasa melaksanakan pengecekan di bagian busi.

Dimana, Kamu dapat membuka karet penutup busi guna membenarkan kalau busi tidak kemasukan air. Sebab, bila keadaan businya basah hingga hendak mengganggung proses pembakaran.

Hingga dari itu, bila businya basah, lap dengan kain kering hingga betul- betul airnya lenyap. Sehingga, sistem pembakaran tidak hendak tersendat, spesialnya dikala mesin dihidupkan.

Jangan Lupa Buat Mengecek Filter Udara

Di sisi lain, jangan kurang ingat buat senantiasa melaksanakan pengecekan pada bagian filer ataupun saringan hawa sesaat sehabis motor kehujanan.

Lekas keringkan bila filternya basah. Tetapi, bila filter udaranya telah sangat kotor, gantilah dengan filter yang baru.

Kenapa? Sebab, keadaan filter hawa yang kotor hendak mempengaruhi besar pada sistem pembakaran di ruang bakar mesin yang hadapi kendala.

Nah, hingga dari itu, senantiasa cek keadaan filter hawa, paling utama kala kerap digunakan dikala hujan deras ataupun melewati jalur yang berlumpur sebab sangat dimungkinkan keadaan filter kotor.

Cek pada Knalpot Motor

Setelah itu, buat melindungi supaya keadaan pembuangan hawa senantiasa mudah serta berperan sebagaimana mestinya hingga tidak salah bila Kamu pula mengecek bagian knalpot.

Metode ini pasti sangat bermanfaat, terlebih sehabis motor melewati genangan air yang besar serta dimungkinkan terdapat air yang masuk.

Di lain sisi, bertepatan dengan pengecekan knalpot, Kamu pula dapat sekaligus mengecek apakah terdapat air hujan yang masuk ke dalam ruang pembakaran ataupun tidak. Bila memanglah mesin motor kemasukan air hingga Kamu wajib buru- buru ubah oli motor sebab bila dibiarkan begitu saja hendak mengganggu mesin motor yang merangsang performa mesin jadi tidak berjalan ataupun berperan dengan optimal.

Tidak hanya sebagian langkah di atas, Kamu pula dapat menjauhkan kabel bodi dari air. Perihal ini pasti tidak lepas dari sistem kelistrikan pada motor yang dimungkinkan hendak tersendat kala hujan/ kemasukan air. Sehingga, metode ini pula ialah panduan menjaga motor kala masa hujan yang tidak dapat Kamu lewati begitu saja.

Tetapi, dari seluruh zona ataupun bagian yang butuh dicek tersebut, rasanya zona permesinan di bagian ruang mesin serta oli merupakan perihal yang sangat butuh dicoba dalam panduan menjaga motor kala masa hujan.

Karena, bila ruang mesin kemasukan air ataupun oli tercampur air hingga ditentukan kinerjanya hendak tersendat total, apalagi lebih parahnya hendak membuat mesin motor mati toal.

Demikian pembahasan menimpa langkah- langkah berbentuk panduan menjaga motor kala masa hujan yang dapat Kamu jalani secara mandiri di rumah. Mudah- mudahan dapat jadi postingan yang berguna serta informatif untuk Kamu seluruh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *