Tips Merawat Motor Tua agar Tetap Awet – optimafast

Posted on

Tidak sedikit orang yang hobi membeli ataupun mengoleksi motor tua. Pasti, banyak aspek yang melatarbelakangi sebagian orang menggemari motor tua. Semacam keunikan yang dimilikinya sebab telah tidak dibuat lagi.

Tetapi, bagaikan pecinta motor tua, telah selayaknya wajib menguasai metode menjaga yang benar. Sekalian siap atas seluruh konsekwensinya bila terjalin kehancuran ataupun penggantian suku cadang mengingat biasanya sangat susah mencari spare part sebab telah tidak penciptaan lagi.

Nah, buat meminimalisir kehancuran yang terjalin, pasti saja wajib menguasai panduan menjaga motor tua. Sebab, perihal ini sangat butuh dimengerti supaya motor tua senantiasa awet serta mesinnya masih gahar tidak kalah dengan motor baru.

Di sisi lain, dengan memahami panduan menjaga motor tua, paling tidak Kamu dapat mengidentifikasi semenjak dini bila sewaktu- waktu terjalin kehancuran, spesialnya di zona mesin.

Jadi, tidak dapat dipungkiri lagi kalau motor tua senantiasa butuh perawatan yang lebih intens biar senantiasa aman kala dikendarai. Kemudian, gimana sih panduan menghindari kehancuran pada motor yang telah berumur lama.

Nah, jangan takut kawan, dalam topik kali ini, optimafast. com hendak berbagi panduan menjaga motor tua yang dapat Kamu jalani secara mandiri di rumah buat menghindari terbentuknya kehancuran yang kapan saja dapat terjalin.

Panduan Menjaga Motor Tua

Terdapat sebagian panduan menjaga motor tua yang mana butuh buat dimengerti oleh Kamu seluruh para pecinta sekalian owner motor berumur lanjut.

Senantiasa Jaga supaya Motor Tidak Berkarat

Sesuatu kewajaran bila karat merupakan satu problem sangat besar yang biasanya dirasakan oleh motor tua. Hingga dari itu, Kamu butuh mempraktikkan panduan menjaga motor tua buat menghindari karat yang sewaktu- waktu hendak membayang- bayangi motor Kamu.

Salah satu komponen yang rentan terhadap karat pada motor tua merupakan bagian rantainya mengingat hendak sangat gampang teroksidasi, sehingga gampang aus serta rontok.

Guna menghindari perihal tersebut, dianjurkan buat secara teratur melumasi bagian rantai supaya rantai dapat bekerja dengan wajar sebagaimana mestinya.

Cek Keadaan Aki Motor secara Rutin

Panduan menjaga motor tua yang wajib Kamu jalani ialah dengan senantiasa melaksanakan pengecekan keadaan aki dengan teratur.

Sebab, dalam bermacam permasalahan, aki merupakan komponen yang sangat kerap hadapi kehancuran serta bermasalah. Hingga dari itu, sesering bisa jadi buat mengecek kondisi aki, spesialnya pada motor tua.

Dianjurkan buat mengubah aki bila umurnya telah tua. Tetapi, bila Kamu enggan mengubah aki, terdapat baiknya buat membeli perlengkapan pengisi energi aki buat isi ulang dari waktu ke waktu.

Perihal ini buat berjaga- jaga supaya kala energi pada aki habis, dapat langsung diisi mengingat apabila aki tidak diisi ulang, kinerja sistem kelistrikan motor juga ditentukan bakal tersendat apalagi sebagian bagian motor dapat rusak.

Ubah Ban Bila Telah Mulai Aus

Salah satu panduan menjaga motor tua yang wajib dicoba ialah dengan melaksanakan penggantian ban baru. Tidak butuh menunggu ban hingga betul- betul aus, bila telah menampilkan indikasi aus, hendaknya ditukar saja.

Keadaan semacam ini sangat butuh buat Kamu perhatikan serta dicoba bagaikan aksi guna menghindari kehancuran ban yang telah termakan umur. Cek tingkatan aus ban apakah masih layak digunakan ataupun tidak.

Aksi semacam ini hendak menghindari kehancuran pada velg yang bisa jadi telah mulai menurun kualitasnya sebab termakan umur.

Teratur Melumasi Piston serta Silinder

Tidak hanya itu, perihal yang dapat Kamu jalani bagaikan tahapan dalam pelaksanaan panduan menjaga motor tua merupakan dengan secara teratur melaksanakan pelumasan di bagian piston serta silinder.

Perihal ini dicoba supaya silinder serta piston tidak berkarat sehingga walaupun motor tidak sering digunakan, performanya hendak senantiasa profesional.

So, jangan kurang ingat buat melumasi piston serta silinder ini. Kamu dapat melaksanakannya seminggu sekali ataupun 2 minggu sekali bergantung keadaan.

Jangan Telat Service serta Ubah Oli

Menjaga motor tua memanglah tidak semudah yang dibayangkan. Salah satu yang wajib dicermati ialah dengan melaksanakan service secara teratur. Sangat tidak sebulan ataupun 2 bulan sekali.

Perlakuan service semacam ini rasanya lumayan berarti buat menghindari terbentuknya kehancuran ataupun mengecek bila terdapat tanda- tanda yang ialah ciri kehancuran.

Di satu sisi, penggantian pelumas mesin pula rasanya butuh buat dicoba guna melindungi supaya mesin lebih awet.

Penggantian pelumas sangat berarti sekali mengingat apabila telah melampaui batasan normal pemakaian hingga hendak mempengaruhi pada kinerja mesin yang makin terbebani. Jadi, buat motor tua, penggantian pelumas secara teratur merupakan perihal yang tidak dapat ditinggalkan.

Seleksi Bahan Bakar yang Sesuai

Biasanya, kandungan oktan pada bahan bakar yang besar lebih bermutu dalam mendukung sistem pembakaran sebab dirasa jauh lebih efektif.

Tetapi, itu berlaku buat kendaraan penciptaan terkini yang memanglah disetel buat oktan besar.

Berbeda dengan motor tua yang spesifikasi mesinnya disesuaikan dengan kandungan oktan di zamannya. Hingga sangat butuh untuk Kamu buat memilah bahan bakar yang memanglah cocok standar pabrik dikala motor tua tersebut dibuat.

Pertimbangan pemakaian bahan bakar di mari buat menjauhi sekalian menghindari munculnya kerak di ruang sistem pembakaran pada motor.

Mencuci Motor dengan Rutin

Setelah itu, perihal yang tidak ketinggalan dalam panduan menjaga motor tua merupakan dengan senantiasa mencermati tampilan motor. Buat mendukung perihal tersebut, cucilah motor tua Kamu secara berkala dengan memakai sabun spesial pencuci motor.

Ataupun, dapat pula dengan menitipkan di tempat pencucian motor. Perihal ini dicoba buat melindungi sekalian menjaga tampilan motor supaya senantiasa nampak bersih walaupun telah dimakan umur.

Giat Mengecek Busi

Nah, panduan menjaga motor tua yang sangat butuh dicoba ialah dengan giat melaksanakan pengecekan pada komponen busi. Perihal ini berkaitan erat dengan proses pembakaran, paling utama dikala mesin dihidupkan.

Biasanya, motor tua mempunyai keadaan mesin yang butuh menemukan atensi lebih intens. Karenanya, busi yang senantiasa terpelihara kondisinya hendak membuat mesin pada motor tua Kamu terus menjadi awet.

Jadi, dengan giat mengecek keadaan busi secara tidak langsung pula meminimalisir sekalian menghindari terbentuknya kehancuran di zona mesin.

Tidak hanya dari sebagian panduan menjaga motor tua di atas, perihal yang butuh Kamu jalani merupakan bawa motor ke bengkel bila terjalin kehancuran berat. Perihal ini bertujuan supaya revisi motor dapat dicoba secara handal oleh mekanis sehingga tidak berakibat kurang baik pada komponen lain.

Tidak cuma itu saja, pemakaian motor tua secara hati- hati pada dikala dikendarai buat menempuh jarak jauh pula tercantum dalam panduan menjaga motor tua. Dimana, perlakukan semacam ini diperuntukan supaya keadaan mesin motor yang notabene telah berusia tua tersebut dapat bekerja secara maksimal mengingat akselerasinya yang dimungkinkan tidak seganas motor era saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *